Perfil

Fecha de registro: 27 oct 2022

Sobre...

10 Tujuan Ziarah Pendam di Indonesia Paling populer


Ziarah pendam sebagai salah satunya rutinitas yang sudah dilakukan oleh umat Muslim di Indonesia untuk doakan yang sudah wafat. Aktivitas ini juga bisa jadi langkah intropeksi diri pada kematian atau hadirnya ajal.


Umumnya kaum muslim akan lakukan ziarah ke pusara keluarga, famili, ulama atau Walisongo saat Hari Raya Idul Fitri. Tetapi, berziarah juga baik dilaksanakan antara hari Kamis sesudah Ashar dan Jumat.


Maka dari itu, tidaklah aneh jika tujuan ziarah pendam akan ramai didatangi peziarah di Wisata Indonesia. Adapun tujuan ziarah pendam menyebar di semua wilayah Indonesia.


Tempat Ziarah Pendam Paling populer di Indonesia:

Dimulai dari Mushola Agung Demak, sampai Mushola Baiturrahman yang berada di Aceh, ini jejeran tujuan ziarah pendam paling populer yang dapat kamu datangi.


1. Mushola Agung Demak (Demak, Jawa Tengah)

Mushola Agung Demak sebagai salah satunya tujuan ziarah pendam saat bulan Ramadan sekalian salah satunya mushola paling tua di Indonesia. Mushola Agung Demak dipercaya pernah jadi tempat berkumpulnya Wisongo.


Dalam kompleks Mushola Agung Demak ada banyak pusara beberapa raja Kesultanan Demak terhitung pusara Sultan Fattah yang disebut raja pertama kesultanan demak.


2. Pusara Sunan Giri (Gresik, Jawa Timur)

Kota Gresik sebagai kota yang kerap didatangi saat ziarah pendam bulan Ramadhan, Toppers. Kota ini mempunyai pusara Sunan Giri dan empat pusara Walisongo yang lain. Beberapa pengunjung pusara ini tidak terbatas masyarakat Gresik saja, banyak warga di luar kota, bahkan juga luar pulau Jawa.


Pusara ini lumayan banyak didatangi saat bulan ramadhan untuk lakukan doa dan ziarah. Pucuk keramaian pusara Sunan Giri terjadi saat malam ke-25 bulan ramadhan.


3. Pusara Kadilangu (Demak, Jawa Tengah)

Tujuan ziarah pendam saat bulan Ramadan selanjutnya ialah pusara Sunan Kalijaga Kadilangu di Demak, Jawa tengah. Sunan Kalijaga sebagai salah satunya dari 9 Walisongo.


Pusara Kadilangu dipandang sebagai pusara yang sakral untuk masyarakat sekitaran, karenanya beberapa orang sering tiba untuk ziarah pendam saat bulan Ramadan.


4. Pusara Sunan Gunung Jati (Cirebon, Jawa Barat)

Sunan Gunung Jati ialah satu dari 9 Walisongo yang menolong penebaran tuntunan Islam di Nusantara. Untuk kenang kembali jasanya dalam menebarkan agama Islam, beberapa orang yang jadikan pusara Sunan Gunung Jati sebagai tujuan ziarah pendam saat bulan Ramadan.


Pusara Sunan Gunung Jati ada di Cirebon, Jawa Barat.


5. Setono Gedong Kediri (Kediri, Jawa Timur)

Tujuan ziarah pendam saat bulan Ramadan selanjutnya ialah Setono Gedong Kediri yang ada pusara Syech Wasil Syamsuddin.


Syech Wasil Syamsuddin dipercaya ialah seorang ulama besar dari Persia yang tiba ke Nusantara untuk menebarkan agama Islam.


6. Mushola Luar Tangkai (Jakarta Utara, DKI Jakarta)

Mushola Luar Tangkai ialah sebuah Mushola yang berada di Jakarta Utara. Dalam mushola ini ada pusara seorang ulama namanya Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Alaydrus ataupun lebih dikenali dengan ‘Habib Husein'.


Beliau sebagai turunan Nabi Muhammad SAW yang pindah ke tanah Jawa. Mushola Luar Tangkai kerap dikunjungi peziarah dari beragam penjuru tanah air hingga dipandang seperti salah satunya tujuan ziarah pendam saat bulan Ramadan.


7. Banten Lama (Serang, Banten)

Banten Lama ialah website yang sebagai tersisa kemasyhuran Kerajaan Banten. Pada tempat ini ada beberapa Situs warisan dari Kerajaan Banten, salah satunya, Istana Surosoan, Mushola Agung Banten, Situs Istana Kaibon, Benteng Spellwijk, dan sebagainya.


Pada kompleks Mushola Agung Banten, ada kompleks pusara Sultan-sultan Banten dan keluarganya. Karenanya, Banten Lama dikenali sebagai salah satunya tujuan ziarah pendam saat bulan Ramadan.


8. Mushola Baiturrahman (Banda Aceh, Aceh)

Mushola Raya Baiturrahman sebuah mushola yang berada di jantung kota Banda Aceh. Mushola yang istimewa ini dibuat saat kesultanan Aceh oleh Sultan Iskandar Muda pada sekitaran tahun 1612.


Mushola Raya Baiturrahman sebagai mushola sakral untuk warga Aceh dan kerap jadi tujuan ziarah pendam saat bulan Ramadan.


9. Pusara dan Goa Pamijahan (Tasikmalaya, Jawa Barat)

Tasikmalaya dikenali sebagai kota beberapa santri. Di kota ini, ada pusara dan gua Pamijahan sebagai tempat rekreasi ziarah paling besar di Tasikmalaya yang berada dekat Tempat Wisata di Majalengka dan di Jawa Barat.


Pamijahan sebagai gua alam dan pusara dari wali namanya Kangjeng Syekh Abdul Muhyi, penebar agama Islam di Jawa Barat.


Tempat ini sering dipenuhi pengunjung sebagai tujuan ziarah pendam saat bulan Ramadan.


10. Pusara Sunan Bonang (Tuban, Jawa Timur)

Tujuan ziarah pendam buat kamu masyarakat Tuban, Jawa Timur ialah Pusara Sunan Bonang. Pusara ini dapat kamu datangi saat ziarah ramadhan.


Sunan Bonang sebagai salah satunya figur Walisongo yang berperanan penting dalam penebaran agama islam.


Tidak jauh dari tempat itu, ada Mushola Agung Tuban yang dapat kamu datangi. Tempat ini jadi tempat Sunan Bonang saat lakukan syiar islam.

S
StanleyFelisha

StanleyFelisha

Más opciones